Peralatan Masukan (Input Device)
Pengertian
Input device adalah suatu unit yang
berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam
prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan.
Melalui gambaran umum yang kami tuliskan diatas, kita dapat mengetahui makna
dan kegunaan dari input device itu sendiri. Input device / alat masukan
memasukkan data berupa signal input dan maintenance input. Signal input
berbentuk data yang dimasukkan ke dalam komputer, sedangkan maintenance input
berbentuk program digunakkan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi, input
device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk
memasukkan program.
Macam-macamnya:
Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu berlubang
(punched card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun
1946 komputer ENIAC menggunakan alat untuk membaca kartu berlubang (punched
card reader) sebagai alat
input dan output.
Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari
tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada
komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan
tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9,
tombol dan karakter khusus seperti: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <>
/, .?: ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya
adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik biasa jumlah tutsnya hanya 52 tuts.
Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat
variatif.
Mouse
Merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan
data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umun terdiri dari dua
tombol eksekusi dan satu scroll. Pada layar monitor akan tampak lambang mouse
yang disebut dengan pointer. Mouse biasanya digunakan di atas permukaan yang
rata. dan biasanya para user menggunakan mouse pad sebagai alas dalam
menggunakan mouse. Apabila mouse digerakkan ke sebelah kanan, secara otomatis
pointer akan bergerak ke kanan. Begitu juga sebaliknya.
Ada tiga jenis tipe mouse yaitu:
a. Mouse mekanis
Mouse Mekanis
Mouse yang pertama kali muncul ini menggunakan sebuah bola
untuk mengontrol pergerakan pointer. Bola mouse bentuknya kecil dan terletak
pada bagian bawah mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang
terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya.
Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan
pergerakan pointer, yang satu searah horizontal (mendatar) dan satu lagi
vertikal (atas dan bawah).
Jika pengendali horisontal digerakkan, maka pointer hanya
akan bergerak secara horizontal saja pada layar monitor komputer. Dan
sebaliknya jika pengendali vertikal yang digerakkan, maka pointer hanya
bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka
gerakan pointer akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali,
maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut
sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
b. Mouse optic
Mouse Optic
Seiring dengan perkembangan teknologi mouse, maka ditemukan
beberapa kelemahan ketika menggunakan mouse biasa, di antaranya adalah: bola
mouse macet, sehingga sulit digerakan, alas mouse yang tak rata menyebabkan
pergerakan mouse menjadi terhambat, penutup bola mouse kadangkala terlepas yang
mengakibatkan bola lepas dan debu masuk ke dalam mouse dan menyebabkan
pengendali gerak sulit digerakkan. Kemudian diciptakan mouse menggunakan sinar
infra merah (infra red) yang digunakan sebagai sensor. Mouse ini sudah tidak
menggunakan bola lagi untuk menggerakkan pointer.
c. Mouse wireless
Mouse wireless
Untuk mengatasi kendala panjang kabel yang terbatas, maka
teknologi wireless menjadi jawabannya. Ketika pada awalnya, pergerakan mouse
terbatas oleh panjang kabel, maka setelah muncul wireless mouse dapat digerakkan
lebih bebas asalkan masih dalam jangkauan sensor mouse.
Perintah input data pada mouse antara lain klik kanan, klik
kiri, drag, drop dan scrolling. Klik kiri secara umum digunakan sebagai tombol
utama eksekusi. Klik kanan digunakan untuk mengeluarkan menu-menu tertentu.
Drag artinya menggeser objek pada layar monitor dengan cara menekan klik kiri
dengan menahan beberapa saat disertai gerakan menggeser mouse. Drop adalah
proses meletakkan objek setelah drag. Sedangkan scrolling adalah gerakan menggulung
menggunakan tombol scroll.
Touchpad
Digunakan sebagai pengganti mouse.
Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Alat masukkan ini biasanya terdapat pada laptop dan
notebook. Sedangkan penggunaannya menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad,
masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan
trackbal.
Light pen
Light pen adalah:
alat masukan yang berfungsi sebagai pointer elektronik, digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar, langsung diatas screen (monitor). Cara kerja
light pen adalah sensor yang terdapat didalam light pen mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer dan kemudian cahaya tersebut direkam, dimana layar monitor
bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Digital kamera
Sekarang
ini, teknologi telah berkembang dengan begitu pesatnya, hal itu dapat
dibuktikan dengan telah hadirnya digital camera. Digital camera adalah alat
masukan yang dapat digunakan untuk memasukan data berupa gambar. Digital camera
dapat mengambil dan merekam gambar statis (diam atau tidak bergerak), maupun
gambar dinamis (bergerak) seperti video dengan ukuran relatif cukup besar. Dan
kemudian dapat dimasukan ke dalam komputer, sehingga gambar tersebut dapat
diolah sesuai kebutuhan dan disimpan dalam media penyimpanan.
Graphics pads
Graphics pads adalah: alat
masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pad digunakan dalam
teknologi computer aided design (CAD) untuk membuat rancangan bangunan, rumah,
mesin mobil, pesawat, dan lain-lain.
Barcode
Barcode
adalah: alat masukan yang digunakan untuk
membaca kode yang berbentuk garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, dan produk lainnya. Barcode digunakan setiap
kasir di toko, dan supermarket untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya.
Fungsi alat ini adalah untuk menyimpan suatu kode yang
berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan
oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar
daripada barcode [Baca: QR Code].
Bar code adalah pola garis-garis hitam putih yang umum
dijumpai pada barang-barang yang dijual di toko-toko swalayan untuk mempercepat
proses pemasukan data transaksi penjualan.Bar code di baca dengan alat yang
disebut Bar Code Reader yang berupa semacam scanner foto elektris yang dapat
mengonversi data Bar Code menjadi sinyal digital.
Joystick
Joystick adalah:
merupakan alat masukan yang dibuat dan di design untuk digunakan dalam
permainan atau games komputer. Joy Stick mempunyai bentuk seperti tongkat
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
permainan atau games komputer tersebut, dan terbuat dari plastik.
Touch Screen
Peranti penunujuk berupa monitor
yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan
menyentuh suatu gambar di layer secar langsung guna mengaktifkan suatu
perintah. Layar sentuh ini biasanya terbungkus oleh plastik dan di belakangnya
terdapat sinar inframerah yang tak terlihat. Lokasi sinar inframerah yang
terputus oleh tekanan jari inilah yang memberitahu computer tentang lokasi
perintah yanag dikehendaki pemakai.
Microphone
Mikrofon Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.
Prinsip kerja mikropon sebenarnya adalah pengubahan variasi
tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik.
Pembaca Sidik Jari ( Fingerprint reader )
Adalah peranti yang digunakan untuk
membaca sidik jari seseorang.hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan
bentuk sidik jari seseorang.Perangkat ini dapat dijadikan sebagai alat untuk
menangani kehadiran pegawai atau untuk memasuki tempat-tempat yang bersifat
rahasia dan diakses secara otomatis.Dalam hal ini, sidik jari berlaku sebagai
identitas seseorang.
Optical Mark Recognition ( OMR )
Adalah peranti yang dapat membaca
blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh
komputer.Peranti ini membaca masukan dengan batuan refleksi optis, dengan
mengenali ketebalan tulisan.Contoh pemanfaatnnya adalah pada tes-tes penerimaan
mahasiswa baru.
Keuntungan pemanfaatan OMR selain dalam kecepatan memproses
juga dalam ketelitian karena terhindar dari kesalahan manusia dalam mengoreksi.
Optical Character Recognition (OCR)
Adalah peranti yang dapat membaca
teks dan mengkonversikannya ke dalam kode digital yang nantinya diproses oleh
komputer. Sistem OCR terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi
data. Pengembangan lebih lanjut memungkinkan adanya peranti yang dapat membantu
menerjemahkan teks membantu orang yang tak dapat membaca dengan mengubah teks
menjadi suara, membaca cerita untuk anak-anak, memasukkan data dari teks di
majalah ke memori atau ke tempat kursor di pengolah kata, merekam alamat,
mencatat secara langsung hal-hal penting, dan merekam naskah untuk keperluan
perpustakaan.
Webcam
Perkembangan teknologi memungkinkan
orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat
yang membantu hal tersebut adalah webcam. Dengan web camera (webcam), seseorang
bisa berkomunikasi atau chatting sambil melihat lawan bicaranya.
Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian
atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung
menyimpannya dalam hard drive komputer kita.
Scanner
Scanner adalah: alat masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar
atau teks yang kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer
dan selanjutnya gambar atau teks tersebut dapat ditambah, ditambah,
dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke dalam harddisk
dan media penyimpanan lainnya, dalam format file teks, dokumen, dan gambar.
Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti mesin fotocopy.
Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung dicetak pada kertas sesuai
aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi, dimodifikasi dan tidak dapat disimpan
dalam media penyimpanan. Sedangkan scanner hasilnya langsung ditampilkan
melalui monitor, dan hasil tersebut dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi
dan dapat disimpan dalam media penyimpanan.
Peranti
sensor
Adalah peranti yang dapat mengambil
data langsung dari lingkungan.Contoh pemanfaatanya yaitu pada pendeteksi gunung
berapi, detector kecepatan laju kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk
mendeteksi perubahan angin ynag mendadak, pada kedokteran untuk mengukur suhu
badan, dan juga untuk pengontrolan pada rumah tangga misal, Hawkeye yang dapat
memantau kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan.
Camcoder
Kamera video atau sering disebut
dengan video camera recorder atau camcorder digunakan untuk merekam citra yang
bergerak. Camcorder adalah alat perekam elektronik portable yang mempunyai
kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete
Recorder (VCR), TV, dan Komputer.Camcorder dapat dikategorikan sebagai alat
input.
Touchtone
(Dual Tone Multi Frequenty)
Adalah peranti yang dapat menerima
masukan yang berasal dari telepon untuk memasukan informasi atau perintah.
Contoh pemanfaatan touchtone yaitu untuk membentuk fasilitas layanan informasi
saldo rekening pada bank, pada registrasi mahasiswa, pada activehome
yang menggunakan media telepon untuk mengendalikan berbagai fasilitas dalam
rumah.
Prambudi Aji
July 4, 2018 at 8:31 PM
Kunjungi website kami
Http://WWW.atmaluhur.ac.id
Kunjungi juga blog saya
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1066600591231126904#editor/target=post;postID=4730623288680260571