Laman

Processing Device

0   comments


Processing Device

CPU (Central Processing Unit)

A.    Pengertian CPU dan Fungsinya

CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

Pin mikroprosesor Intel 80486DX2.
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:
Unit kontrol (Control Unit)
Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

B.    BAGIAN BAGIAN CPU ( Central Processing Unit )

a)      Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.
b)      Power supplay, menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
c)      Motherboard adalah bagian utama dari sebuah komputer. Motherboard secara bahasa bermakna papan
utama. Disebut papan utama, karena semua komponen lain dari organ penyususn komputer akan
ditancapakan atau dikaitkan ke motherboard. Merk motherboaryang beredar dipasaran antara lain
Gigabyte, Asus, MSI, ECS, dan Foxconn. perbedaan kualitas antar-motherboard sebenarnya sangat
kecil, apabila ada perbedaan, diakibatkan karena fiturnya yang berbeda ataupun karena strategi
pemasarannya berbeda.  
Processor adalah otak komputer, prosesor secara konseptual terdiri dari 3 bagian sebagai berikut:
·         Arithmatics Logical Unit (ALU) adalah bagian yang berperan sebagai pusat dari semua perhitungan 
matematis yang harus dilakukan untuk menjalankan sebuah sistem komputer.

·          Control Unit (CU) adalah bagian yang berfungsi menjadi pengatur lalu lintas data maupun perhitungan.

·          Memory Unit (MU) berfungsi untuk menyimpan sementara fungsi-fungsi yang dieksekusi oleh prosesor
sehingga prosesor tidak perlu lagi memanggil perintah yang sama ke bagian lain. MU berguna untuk
mempersingkat proses yang dilakukan prsesor. Pada prosesor, MU pada umumnya sudah dimasukkan ke dalam prosesornya dan diberi nama cache memory, semakin besar cache memory yang ada, akansemakin cepat proses yang dilakukan prosesor.

d)     Memory, alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan. selain berdasarkan kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut disusun berdasarkan harga, kapasitas, dan frekuensi pengakseskan.
Terdapat dua jenis memory, yaitu sebagai berikut.
·         Read Only Memory (ROM)
ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanyu dapat dibaca dantidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tida tergantung pada arus listrik ROM memiliki batrai sendiri.
·         .Random Access Memory (RAM)
RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan.
e)      VGA Cardm, kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.
f)       I/O Card, Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive.
g)      Sound Card, perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara  pada komputer.
h)      Optical Drive. Berfungsi untuk membaca disk video digital.
i)        Floopy Drive. Berfungsi membaca dan menulis data ke Floopy Drive.
j)        Hard Disk Drive. Berfungsi untuk membaca dan menulis data ke disk tetap.
k)      PATA Cable. Berfungi menghubungkan drive ke motherboard.
l)        SATA Cable. Berfungsi untuk menghubungkan SATA drive (ex. Hard disk) ke motherboard.
m)    Heat Sink Fan. Berfungsi sebagai kipas pendingin.
n)      NIC. Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan network.
o)      Wireless NIC. Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan wireless.

C.     CARA KERJA  CPU ( Central Processing Unit )

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.